hill, green, nature-5419527.jpg

Sejarah Kawadaun

Kopi kawa atau masyarakat sekarang menyebutnya kopi daun merupakan kebudayaan lama masyarakat dalam hal berkebun dan hal ini seiring dengan kebudayaan orang meminum teh. Jadi sebelum VOC masuk kebudayaan meminum daun kopi sudah ada, justru kehadiran VOC adalah mengajarkan masyarakat bahwa kopi memanfaatkan bijinya bukan daunnya. Ada kekeliruan publik yang mengaitkannya daun kawa atau aia kawa dengan adanya tanam paksa dalam kekuasaan kolonial Belanda. Penduduk di Sumatra Barat dilarang menikmati biji kopi untuk diri sendiri meskipun dipaksa untuk menanamnya demi kepentingan perdagangan. Peraturan ini diakali dengan menggunakan dedaunan kopi yang dipercaya masih mengandung kafeina.

sumber: Wikipedia

Sejarah minuman daun kopi di Indonesia sangatlah panjang dan bertingkat. Minuman yang dikenal dengan nama kawa daun ini terbuat dari daun tanaman kopi dan telah dikonsumsi di Indonesia selama berabad-abad.

Penyebutan kawa daun yang pertama kali diketahui di Indonesia berasal dari abad ke-17. Saat itu, Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC) merupakan kekuatan kolonial yang dominan di india. VOC tertarik pada kopi sebagai komoditas berharga, dan mereka mulai menanam pohon kopi di perkebunan di seluruh nusantara.

VOC juga memaksa petani Indonesia untuk menanam kopi di lahannya sendiri. Sistem ini, yang dikenal sebagai Cultuurstelsel, sangat eksploitatif dan menyebabkan kemiskinan dan kerusuhan yang meluas.

Pada abad ke-19, minuman daun kopi menjadi minuman pengganti biji kopi yang populer. Hal ini sebagian disebabkan oleh fakta bahwa biji kopi menjadi semakin mahal. Selain itu, minuman daun kopi dipandang sebagai alternatif yang lebih sehat untuk biji kopi.

Kawa daun dibuat dengan cara mengeringkan daun tanaman kopi kemudian diseduh dengan air panas. Minuman yang dihasilkan memiliki rasa yang sedikit pahit, namun juga menyegarkan dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Saat ini kawa daun masih menjadi minuman yang populer di Indonesia. Ini sering disajikan sebagai minuman menyegarkan selama bulan-bulan musim panas. Kawa daun juga dipercaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan, antara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, dan memperlancar pencernaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top